Lihat-Klik-Uang akan mengalir terus

bagi teman teman pemburu dollar kita bisa dapatkan itu asalkan kita bersabar. seperti pada program ptc di bawah ini.
program ini memberikan $0.07 per klik kalau mau daftar silahkan klik banner ini

program ini memberikan $0.1 per klik kalau mau daftar silahkan klik banner ini


program ini memberikan $1 per klik dan sign up website $10 kalau mau daftar silahkan klik banner ini

kalau yang ini agak gampang, perkliknya $0.01 payoutny $2 ke Paypal

program ini Tidak jauh beda dengan bux.69

sama juga


semua pembayaran melalui AlertPay dan juga PayPal. jika belum ada account anda disana bisa didaftarkan di sini 1. untuk AlertPay 2. untuk PayPal

Berikut Daftar Mendapat Uang di Internet

Motivasi

Posted by Unknown

Motivasi

Setiap individu memiliki dorongan untuk melakukan sebuah kegiatan yang bertujuan. Dorongan-dorongan untuk melakukan suatu kegiatan yang bertujuan ini disebut dengan motivasi. Motivasi ini tidak terlepas dari dorongan yang berasal dari dalam maupun luar individu. Tidak jarang dorongan-dorongan ini menjadi sebuah gerakan yang sifatnya kolektif, massif dan melibatkan banyak massa. Hal ini terjadi di dalam sebuah komunitas yang terdiri dari individu-individu yang mempunyai kesamaan tujuan dan alasan. Sebagai contoh adalah organisasi kemahasiswaan, organisasi keagamaan, perusahaan dan lain sebagainya.

Munculnya motivasi tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan individu oleh karena adanya struktur kebutuhan tertentu yang dapat bersifat intrinsik maupun ekstrinsik, secara tunggal maupun majemuk dapat mendorong motivasi bertindak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tindakan manusia selalu didasarkan pada motif, baik yang bersifat intrinsik maupun ekstrinsik.

Kajian mengenai motivasi telah banyak dilakukan, sebagai contoh yang dilakukan oleh para filsuf Yunani. Filsuf-filsuf Yunani di abad ke-XIX telah menelaah mengenai motivasi bahwasannya perilaku manusia disebabkan oleh pengaruh fisik dan spiritual. Para filsuf juga berpendapat bahwa pemikiran merupakan sumbangan terhadap dorongan untuk manusia bertindak, dimana pikiran adalah motivasi primer bagi manusia (Rosana, 2000).

Pengaruh spiritual yang mendasari perilaku manusia yang akhirnya menjadi motif manusia dalam bertindak sesungguhnya adalah sebuah naluri dasar yang dimiliki oleh setiap manusia.

Salah satu naluri dasar dari manusia adalah pengakuan akan eksistensi Tuhan yang melahirkan berbagai macam ritual-ritual yang merupakan manifestasi dari penyembahan, penyerahan diri dan pengagungan terhadap Sang Khalik.

Lahirnya ritual-ritual ini merupakan dorongan dari dalam manusia yang dalam perkembangannya menjadi sebuah lembaga yang kemudian disebut dengan agama dan kepercayaan.

Praktik-praktik ritual dalam keagamaan ini bisa berasal dari teks-teks kitab suci yang menjadi pedomannya ataupun hasil kreasi olah pikir manusia. Keberadaan praktik-praktik ibadah ini tidak bisa dilepaskan dari proses sosial. Contoh dari proses sosial antara manusia dengan lingkungannya adalah kehidupan bangsa Indonesia secara umum. Bangsa Indonesia dengan penduduk yang multikultural, beraneka budaya, suku bangsa serta agama tetapi menjadi satu kesatuan nusantara dan membentuk satu kebudayaan Indonesia. Pada prosesnya adat istiadat, agama dan budaya menjadi sebuah rangkaian yang terkait dan saling memperkaya. Praktik-praktik ritual adat yang ada di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari akulturasi antara budaya dan agama terutama agama Hindu, Budha dan Islam.

Agama sebagai sesuatu yang dianggap dari Tuhan Yang Maha Esa telah, sedang dan akan terus mempengaruhi pola hidup dan tingkah laku para pemeluknya. Pengaruh agama dalam kehidupan berbudaya atau sebaliknya telah menciptakan suatu tradisi yang beraneka ragam. Dialektika hubungan agama dan tradisi terjadi dalam masyarakat yang digolongkan dalam golongan tradisional (Parlin, 2000).

Islam sebagai salah satu agama yang diakui keberadaannya di Indonesia dengan seperangkat nilainya telah mempengaruhi pola budaya dan tradisi masyarakat pemeluknya. Aspek sosial budaya dari masyarakat setempat ketika agama Islam mempengaruhinya tidak serta merta terkikis seketika, namun terjadi proses transformasi yang hingga kini masih terus berlangsung. Sebagai contoh adalah upacara mitoni, selametan, tedak siti merupakan tradisi Jawa yang mengalami akulturasi dengan Islam dan masih bertahan hingga kini. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan Clifford Geertz dan Van Der Kroef (Zakiyudin, 1995) yang menyatakan bahwa untuk memahami kebudayaan masyarakat Indonesia tidak dapat dilepaskan dari Islam yang telah memainkan peranan dalam membentuk kebudayaan itu.

Mengutip pernyataan dari S. Soebardi dan Woodcraft-Lee (Zakiyudin, 1995) bahwasannya watak masyarakat Indonesia masa kini dan warisan budayanya tidak dapat meninggalkan penelaahan terhadap peran Islam semakin menguatkan bahwasannya telah terjadi akulturasi antara ritual yang sudah menjadi tradisi dengan agama itu sendiri. Hal itu pun terjadi di Pulau Jawa di mana Ulama yang kemudian terkenal dengan sebutan walisongo memegang peranan yang sangat penting dalam proses akulturasi budaya. Penciptaan tembang-tembang Jawa, wayang kulit hingga upacara memperingati Maulid Nabi yang lebih dikenal dengan sebutan grebeg mulud, sekatenan adalah contoh dari peranan walisongo dalam hal ini Sunan Kalijogo mengakulturasikan Islam dan ritual hingga menjadi ritual adat Jawa (Chodjim, 2004).

Agama Islam menurut perkiraan telah dibawa ke Indonesia oleh pedagang-pedagang dari India sekitar abad ke –XVI (Bleeker, 2004). Di Jawa khususnya, agama Islam disebarkan oleh Ulama yang kemudian dikenal dengan sebutan walisongo. Tradisi dan ritual adat pun menjadi sarana untuk mensyiarkan Islam. Sebagai contoh adalah penciptaan wayang purwa, gamelan dan tembang mocopat adalah hasil akulturasi antara teks-teks keagamaan dengan wacana kebudayaan melahirkan kearifan lokal yang mampu menciptakan suasana harmonis dalam kehidupan masyarakat Jawa (Purwadi, 2005).

Dakwah yang dikembangkan oleh walisongo ternyata membekas di hati masyarakat. Bahkan keberadaan walisongo hingga kini dikeramatkan.

Penghormatan masyarakat Jawa terhadap walisongo tidak terhenti pada pelestarian ritual dan budaya yang telah di ciptakan, melainkan hingga pada proses mistikasi keberadaan walisongo itu sendiri. Keberadaan makam-makam walisongo ini menjadi bagian dari objek mistikasi berupa ritual ziarah kubur hingga khaul sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa walisongo. Hal inilah yang melatarbelakangi masyarakat sekitar makam walisongo seperti yang terjadi di masyarakat Desa Kauman Kota Kudus dengan mengadakan kegiatan ritual adat buka luwur di makam Sunan Kudus dan menjadi agenda tahunan.

Ritual adat buka luwur adalah ritual tahunan yang dilaksanakan di Makam Sunan Kudus yang berlokasi di kompleks Masjid Al Aqsha Menara Kauman Kudus. Kegiatan ini berupa penggantian kain mori putih yang menyelubungi bangunan atau Makam Sunan Kudus. Ritual adat buka luwur ini dilaksanakan setiap bulan Asy Syuro tepatnya pada tanggal 10.

Terjaganya ritual adat buka luwur dalam kehidupan masyarakat Kauman Kudus ini tentunya tidak berlangsung begitu saja, melainkan ada nilai-nilai yang menjadi pandangan hidup dan sandaran di masyarakat. Menurut keyakinan orang Jawa, kehidupan dipandang telah mengikuti suatu pola yang agung yang teratur dan terkoordinasi yang harus diterima oleh mereka. Mereka harus menselaraskan diri dengan apa yang lebih agung dari diri mereka sendiri serta berusaha agar mereka tetap dalam keadaan damai dan tentram (selamet). Maksud utama praktek sosio religius orang Jawa tidak ada lain kecuali mendapatkan keselamatan di dunia ini (Murtadho, 2002).

Herusatoto (1993) mengungkapkan bahwa pandangan hidup orang Jawa berdasarkan gabungan alam pikir Jawa tradisional, kepercayaan Hindu atau filsafat Hindia, dan ajaran tasawuf Islam. Demikian halnya yang mendasari terlaksananya ritual adat buka luwur di Makam Sunan Kudus.

Tetap lestari dan terjaganya ritual adat buka luwur di Makam Sunan Kudus ini menjadi keunikan tersendiri. Di tengah gencarnya arus modernisasi dan globalisasi serta letak geografis Makam Sunan Kudus yang berada di tengah kota, masyarakat Kauman tetap setia menjalankan tradisi ritual ini. Hal inilah yang menimbulkan keingintahuan penulis untuk meneliti lebih jauh mengenai ritual adat buka luwur. Di balik tradisi ritual adat buka luwur di Makam Sunan Kudus, motivasi apakah yang melatarbelakangi masyarakat Kauman melakukan ritual adat buka luwur? Nilai hidup apakah yang menjadi landasan masyarakat Kauman dalam melakukan ritual adat buka luwur? Apa dampaknya terhadap masyarakat secara umum dan masyarakat Kauman secara khusus dengan adanya ritual tersebut?

0 comments

Post a Comment

Sponsor

Sponsor